cara membedakan es air matang dan es air mentah

By | 7:26 AM 2 comments
Bagi yang suka minum minuman dingin, seperti juice ataupun es harap hati-hati. Mengapa? karena es nya mungkin terbuat dari air mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Air mentah tidak baik untuk dikonsumsi, begitu pula dengan es yang terbaik dari air mentah.

Air mentah, banyak mengandung bakteri, dengan merebus air hingga mendidih, barulah air nya dapat kita minum. air mentah mengandung bakteri e-coli. bakteri berbahaya bagi tubuh,


Nah, dengan mengetahui dampaknya maka bila kita ingin mengonsumsi minuman yang menggunakan es, rebuslah airnya terlebih dahulu, baru dibekukan dalam freezer.



bila kita mau beli minuman di luar, dan kita tidak tahu esnya terbuat dari air matang atau tidak, ini tipsnya.


Es batu dari air mentah
Es batu yang dibuat dari air mentah tampak berwarna putih. hal ini terjadi karena banyak gas-gas terlarut dalam air. ketika air membeku, maka gas-gas tadi membentuk gelembung berwarna putih.



Es batu dari air matang
Ketika air dipanaskan sampai mendidih, maka gas-gas dalam air akan keluar dari air. (alasan lengkapnya bisa anda baca di pelajaran kimia tentang kelarutan. Namun, di sini saya cuma menjelaskan secara sederhana saja.) air matang yang kita bekukan akan membentuk es yang bening. Hal ini disebabkan karena gas-gas dalam air sudah sangat sedikit.


source:
http://www.sayangi.com/
http://www.kaskus.co.id/
http://yukitasehat.wordpress.com/
http://ciricara.com/
Older Post Home

2 comments: