tips melelehkan madu yang telah mengkristal

By | 9:36 AM Leave a Comment
Lelehkan dengan cara memanaskan

Caranya, letakkan toples yang berisi madu dalam panci berisi air hangat. Atur panasnya sampai suhu sedang-rendah lalu aduk sampai kristal madu mencair. Anda juga dapat menempatkan toples dalam panci air panas dan biarkan sampai meleleh dengan sendirinya.

Cara singkatnyanya, panaskan madu dengan microwave selama 30 detik, aduk rata, biarkan dingin selama 20 detik lalu panaskan lagi selama 30 detik. Jika masih ada butiran kristal madu yang belum meleleh, aduk lagi dan dinginkan seperti cara sebelumnya.

Setelah meleleh, butiran-butiran kristal madu akan hilang untuk sementara waktu, tapi bisa kembali lagi ke semula jika madu tidak segera digunakan. Cukup ulangi proses pemanasan setiap kali madu yang mengkristal akan digunakan.

Madu tidak akan kedaluwarsa, tapi lebih baik gunakan dalam waktu kurang dari dua tahun karena kondisi penyimpanan dapat mempengaruhi rasa madu. Madu yang mengkristal sebenarnya dapat dimakan. Madu tersebut akan meleleh secara perlahan-lahan saat berada di mulut. Sebagian orang bahkan ada yang memilih madu yang mengkristal.

madu dapat dibekukan. Jika madu jarang Anda gunakan, maka cobalah membekukannya dalam wadah kecil. Cairkan madu pada saat akan digunakan sesuai jumlah kebutuhan. Pembekuan akan membantu mencegah proses kristalisasi madu.


soirce:
http://tipnut.com/
http://artikelassunnah.blogspot.com/
Newer Post Older Post Home

0 komentar: